Selasa, 11 Oktober 2011

Hukum hukum Geologi

Hukum - Hukum Geologi


·         Hukum Superposisi (Steno, 1669)
 “The younger strata at the top in an undisturbed sequence of sedimentary rocks”
Lapisan paling muda ada di bagian atas pada urutan batuan sedimen yang belum mengalami gangguan.



·         Hukum Horizontalitas
Sedimentary strata are laid down nearly horizontally and are essentially paralel to the surface upon which they acummulate (Anthony, 1955)
Lapisan – lapisan sedimen diendapkan mendekati horizontal dan pada dasarnya sejajar dengan bidang permukaan dimana lapisan sedimen tersebut di endapkan.



·         Hukum Kesinambungan(original continuity)
The original continuity of water-laid sedimentary strata is terminated only by pincing out againts the basin of deposition, at the time of their deposition” (Steno, 1669)
Lapisan sedimen diendapkan secara menerus dan bersinambungan (continuity), sampai batas cekungan sedimentasinya. Lapisan sedimen tidak mungkin terpotong secara tiba-tiba, dan berubah menjadi batuan lain dalam keadaan normal. Pada dasarnya hasil suatu pengendapan yakni bidang perlapisan, akan menerus walaupun tidak kasat mata.


Pemancungan disebabkan oleh :            -Ketidakselarasan
-Erosi
-Morfologi









·         Hukum urutan fauna (Faunal Succession)
“Fossils occur in a definite, invariable sequence in the geologic record.”
(Abble Giraud-soulavie,1778)
Urutan bentuk kehidupan yang diamati dalam rekaman geologi.



















·         Hukum Uniformitarinsm (James Hutton, 1785)
In examining things present, we have data from which to reason with regards to that which is to happen hereafter. Therefore, upon the superposision that the operations on nature are equable and steady, we find, in natural appearences, means for concluding a certain portion of time to have necesserily elapsed in the production of these events of which we see the effects
Peristiwa yang terjadi pada masa geologi lampau dikontrol oleh hukum hukum alam yang mempengaruhi peristiwa masa kini (present is the key to the past). Semua peristiwa yang berhubungan dengan kejadian fisika dan kimia yang terjadi pada saat ini, pada dahulunya juga terjadi. Seperti Gaya gravitasi yang ada di bumi, aliran sungai yang mengikuti morfologi daerah yang dilewatinya, dan juga seperti pelapukan secara kimiawi maupun fisik.
Contohnya Pangea.
Benua benua yang ada saat ini, dahulunya merupakan satu kesatuan benua. Namun saat ini sudah berpisah. Hal ini dibuktikan dengan adanya fauna asian yang ada di daerah barat Indonesia dan fauna Australian yang ada di daerah timur indonesia

·          
Hukum Cross Cutting Relationship
“The thing doing the cutting is younger than the thing being cut.”
Yang dipotong lebih tua dari yang memotong.








·          


 

Hukum Inklusi
“The included rock is older than the rock around it”
Lapisan batuan yang mengandung fragmen inklusi lebih muda dari lapisan batuan yang menghasilkan fragmen tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar